ANALISIS JURNAL
JUDUL
“ISUZU PANTHER BANYAK DICARI”
MMS Mobilindo, Jl. Raya Jatiwaringin No.17 Pd. Gede, Bekasi
September 2011
TEMA
MOBIL BEKAS MASIH BANYAK PEMINAT
LATAR BELAKANG MASALAH
ü FENOMENA
Mungkin anda semua masih ingat dengan iklan “Panther, Rajanya Diesel!” pada awal hingga pertengahan 1990an, icon mobil keluarga dengan bermesin diesel tersebut sempat menjadi “Raja” karena bersaing ketat dengan Toyota Kijang Kapsul yang saat itu masih menguasai pasar. Sesuai dengan iklannya, yang berarti mengusut mesin diesel, Isuzu Panther memang cukup fenomenal. Keberadaan Toyota Kijang sempat terancam karena Panther memang memiliki banyak peminat yang ingin mencoba sesuatu yang baru dibandingkan dengan Toyota Kijang.
"Panther pertama kali lahir tahun 1991 silam," terang Presdir PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Johannes Nangoi di Bogor, beberapa waktu lalu. Mengusung mesin diesel 2300 CC yang pada saat itu merupakan mesin yang cukup besar. Ketika akan dikembangkan, mobil ini memiliki kode AUV yang merupakan singkatan dari Asian Utility Vehicle. "Dari namanya saja sudah jelas kalau mobil ini memang sengaja diciptakan oleh Isuzu Jepang untuk pasar Indonesia dan Asia, jadi kita beruntung jadi tempat lahir Panther," ujar Johannes.
Sebab mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) sudah sejak lama diprediksi akan menjadi mobil favorit bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. Karena mobil ini menurut Johannes termasuk serba guna dan mampu mengangkut banyak barang dan penumpang. Banyak konsumen yang memilih mobil jenis Panther karena serbaguna, bertenaga dan cukup irit untuk mesin diesel di kelasnya. Dibandingkan dengan rival terberatnya yaitu Toyota Kijang dan setelah beberapa tahun berselang smuncul Mitsubishi Kuda, Panther tetap memiliki penggemar tersendiri yang sepertinya konsumen lebih tertarik untuk meminangnya.
ü RISET / PENELITIAN
Sejak pertama kali diluncurkan pada 1991, kini Isuzu Panther sudah memiliki 4 generasi. Generasi pertama lahir di tahun tersebut dan memiliki beberapa tipe dan sepesifikasi seperti bermesin 4 silinder 2300 CC dengan kode body TBR 52, bertipe Standard, Total Assy, Royal dan yang paling tinggi adalah tipe Hi Grade.
Generasi kedua lahir pada tahun 1996 dengan kode body TBR-54, bermesin lebih bertenaga yaitu 2500 CC 4 silinder dengan berbagai macam tipe antara lain royal, Grand Royal, Hi Grade, Hi Sporty dan New Hi Grade untuk tipe paling mewah. Tidak lupa pula bahwa pada generasi kedua ini Panther telah mengadopsi mesin Injection yang pastinya lebih hemat bahan bakar namun tetap kencang karena berbekal mesin 2500 CC. Mantap!
Kemudian pada Generasi ketiga (sekitar tahun 2000-2004) terjadi perubahan yang cukup drastis, model Panther yang sebelumnya terkesan kotak kini lahir dengan lebih modern, lebih panjang dan lebih luas. Interior dan Eksterior tidak luput dari perubahan. Dengan menggunakan jenis mesin yang masih sama yaitu 2500 CC, mampu menghasilkan 86 tenaga kuda. Apalagi pada generasi ini, terdapat tipe Grand Touring yang berbekal mesin Turbo sebagai pelengkap perjalanan anda.
Sementara generasi keempat lahir tahun 2004 hingga sekarang dengan kode TBR-541 dan semakin banyak pula tipe dan fitur yang ditawarkan, tidak lupa pula pihak Isuzu sendiri terus melakukan perubahan-perubahan yang sangat luar biasa untuk kendaraan keluarga bermesin diesel.
Perlu diketahui pula bahwa Isuzu Panther juga tersedia dalam model pick up untuk anda yang mempunyai kepentingan usaha, maka tidak heran banyak yang meliriknya sebagai kendaraan operasional karena tenaganya yang cukup besar dan mampu menerjang segala medan. Isuzu Panther juga di ekspor ke negara Asia lain seperti Filipina yang menamakannya dengan Isuzu Crosswind, Vietnam dengan nama Isuzu Hi-Lander dan India dengan nama Chevrolet Tavera. Hingga saat ini, jumlah penjualan Isuzu Panther sudah mencapai sekitar 800.000 unit. Sungguh prestasi yang cukup membanggakan.
MOTIVASI PENELITIAN
Makin meningkatnya penjualan mobil bekas di kota-kota besar (seperti Bekasi khususnya pada jurnal kali ini) memberikan suatu rasa ingin tahu, mengapa dan mengapa minat konsumen begitu besar dalam memenuhi keinginannya untuk memiliki sebuah mobil keluarga dengan kondisi secondhand alias bekas. Banyak faktor pula yang mempengaruhi hal tersebut yang nantinya akan kita bahas satu persatu.
MASALAH
“Panther paling banyak dicari” begitulah ungkap Agung, pemilik dealer MMS Mobilindo di Bekasi. “Minggu lalu kami berhasil menjual 3 unit sekaligus dan untuk minggu ini kami sudah out of stock” lanjutnya. Keberadaan Isuzu Panther di Indonesia khususnya daerah Bekasi memang sangat dibutuhkan. Banyak faktor yang melatarbelakangi mengapa Isuzu panther masih sangat popular di kalangan masyarakat.
Pertama adalah (dan lagi-lagi yang utama) berkapasitas penumpang yang cukup besar. Unutk urusan mengangkut keluarga, Panther memang dapat diandalkan. Kabin yang cukup luas serta interior yang cukup nyaman dan AC yang dingin menjadi prioritas utama bagi para konsumen yang menginginkan sebuah Panther.
Kedua, tenaga diesel yang disemburkan dari Panther memang dapat dikategorikan cukup besar di kelasnya. Terlebih sekarang tersedia mesin Turbo, tidak heran memang mesin 2500 CC Panther memang selalu dapat diandalkan di segala medan di dalam maupun luar kota.
Ketiga, meskipun bertenaga besar dan bodi bongsor, konsumsi bahan bakar tetaplah irit. Konsumen tidak perlu repot untuk sering pergi bolak balik ke pom bensin karena memang dijamin sangat irit.
Keempat, harga yang ditawarkan memang lebih murah dibandingkan pesaingnya, namun harga jual kembali masih tetap menjanjikan. Hal inilah yang selalu menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih suatu mobil yang berkualitas namun tetap berharga tinggi.
Kelima, faktor dari konsumen itu sendiri yang sangat mempengaruhi bagaimana suatu mobil Panther dapat laris di pasaran. Faktor budget juga menjadi hal tersendiri yang patut dipertimbangkan untuk memilih sebuah mobil bekas yang layak pakai dengan kualitas tinggi.
Maka dari beberapa hal diatas, tidak heran jika memang sampai saat ini di daerah Bekasi, Isuzu Panther di beberapa dealer mobil bekas di kota tersebut menjadi salah satu yang paling banyak dicari karena selain dapat dipakai sebagai mobil pribadi, Panther dapat diandalkan pula sebagai kendaraan niaga.
TUJUAN PENELITIAN
Pada penelitian kali ini, tujuan kali ini adalah tetap mencari tahu mengapa mobil bekas masih banyak diminati oleh hati konsumen saat ini. Dari 3 jurnal yang sudah saya buat kali ini, dapat disimpulkan bahwa :
1. Selera konsumen akan memiliki suatu mobil bekas memang berbeda-beda. Di Depok, mobil jenis Avanza paling banyak laku dibanding mobil lain. Di daerah jakarta lain ceritanya, mobil bekas yang banyak diminati adalah jenis Avanza yang bermesin kecil, irit namun tetap dapat diandalkan untuk meliuk-liuk mengatasi kemacetan. Sedangkan di Bekasi, kendaraan MPV jenis Isuzu panther justru paling banyak dicari. Berkabin lega, bertenaga besar tetapi tetap irit untuk dipakai di segala kondisi.
2. Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi mengapa mobil bekas banyak dicari namun jenis yang dicari berbeda-beda. Untuk mereka yang di Jakarta misalnya, lebih banyak memilih mobil nekas jenis Hatchback karena cocok dipakai untuk menyusuri seluk beluk kota Jakarta yang macet dan penuh sesak.
3. Faktor Ekonomi juga tetap memberikan pengaruh yang cukup besar dalam hal ini, mungkin sebagian besar orang yang membeli mobil bekas mempunyai alasan karena harganya jauh lebih murah daripada harga baru, sehingga lebih murah namun memiliki fitur dan keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan mobil baru.
4. Faktor hari Raya tidak ketinggalan tentunya karena kenaikan penjualan mobil bekas dimulai sejak awal bulan Puasa lalu. Banyak orang yang ingin cepat membeli mobil untuk kepentingan mudik atau libir lebaran bersama keluarga dengan rekreasi ke suatu tempat.