Saturday 12 March 2011

PLN Pesimistis Program Tambah Daya Listrik Gratis

JAKARTA - PT PLN (Persero) pesimistis menilai program tambah daya tak berbayar (gratis). Program tersebut tidak akan terlalu banyak berpengaruh terhadap pelanggan. Karena sejak diberlakukannya program tersebut, baru 3.900 pelanggan yang bisa diraup oleh PLN.



"Animonya sudah ada, tapi grafik angka nasionalnya saya belum lihat. Tapi, saya perkirakan dari 38 juta pelanggan kita perkirakan dalam satu bulan ini tidak akan lebih dari 1 juta pelanggan," ujar Direktur Manajemen dan Risiko Bisnis PLN, Murtaqi Syamsudin di Jakarta, Jumat (11/3/2011).

Terkait program tersebut, PLN mengakui jika program tersebut tidak memiliki pengaruh banyak, sebab orang yang merespon program tersebut adalah orang yang pemakaian dayanya sudah tinggi atau sudah mendekati batas.

Syamsudin menjelaskan, pelanggan yang merespons adalah orang yang pemakaiannya tinggi dan daya belinya tinggi, sehingga mereka langsung mersepons. "Tapi orang yang pemakainya rendah sekira 1.300, dia belum mau merespons," ujarnya.

Menurutnya, hal ini juga banyak sehingga diperkirakan tidak akan terlalu banyak pengaruhnya pada pemakaian dayanya. "Yang jelas itu akan memberikan kemudahan bagi pelanggan-pelanggan yang memang pemakaian dayanya tinggi, yang selama ini masih mikir-mikir mau tambah daya atau belum sempat," ujar dia.

Dia menambahkan, saat ini pelangan yang sudah merespons program tersebut biasanya pelanggan yang jam penggunaan dayanya di atas 500 jam.

"Sejauh ini daerah perkotaan yang paling banyak, karena pelanggan kota kan rata-rata 450 sampai 900 daya listriknya. Naiknya rata rata 450 ke 1.300 itu yang terbanyak," imbuhnya.(ade)


Dikutip dari : okezone.com
Adjie Putra - 2EA11 Ekonomi Manajemen