Pengaruh Image, Harga dan Lingkungan ( Teman dan Keluarga) Terhadap Keputusan Konsumen Muda Memilih IM3
BAB I .PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kebutuhan akan komunikasi kini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, disamping kebutuhan akan sandang , pangan dan papan. Sebagaimana dijelaskan oleh Shannon & Weaver, 1949, bahwa “komunikasi merupakan bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh dan mempengaruhi satu sama lain secara sengaja atau tidak sengaja”. Komunikasi dibutuhkan untuk mendapatkan berbagai informasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan alat komunikasi beralih, dari surat, telepon, hingga menjamurnya berbagai merk telepon seluler atau yang biasa kita menyebutnya dengan Hp.
Dengan Banyak digunakannya handphone (Hp), menuntut masyarakat untuk menyisihkan sebagian uang mereka untuk sekedar membeli pulsa. Berbagai macam provider pun bermunculan, seperti Indosat, Telkomsel, Excelcomindo, Axis, 3 dan lainnya.
Mereka menawarkan produknya semenarik mungkin untuk meraih pasar dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar , hingga karyawan. Berbagai macam kelebihan juga dihadirkan oleh para provider.Sebagaimana yang dikatakan oleh Kotler,menurut Kotler (2002) dalam meningkatkan persaingan masing-masing perusahaan harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah-ubah.
Dari sekian banyak provider, ada satu yang bisa dibilang sukses, menarik perhatian dan mampu bersaing, provider tersebut adalah Indosat, dimana salah satu produknya "IM3" , terbilang fenomenal. Dikatakan fenomenal, karena image IM3 yang mampu bertahan sebagai " Kartunya Anak Muda".
Selain karena faktor harga yang terjangkau, ada juga fektor lain seperti pengaruh lingkungan ( teman dan keluarga) , kepercayaan serta kenyamanan yang menjadikan IM3 tetap di hati remaja.
Oleh karena itu, dalam penulisan ini , penulis akan mengambil judul " Pengaruh Image, Harga dan Lingkungan ( Teman dan Keluarga) Terhadap Keputusan Konsumen Muda Memilih IM3"
1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah dalam penulisan " Pengaruh Image, Harga dan Lingkungan ( Teman dan Keluarga) Terhadap Keputusan Konsumen Muda Memilih IM3", ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan, antara lain :
a). Apa faktor utama sehingga IM3 dapat diterima dengan baik, khususnya dikalangan remaja?
b). Adakah faktor pendukung lain yang berpengaruh?
c). Adakah pengaruh image terhadap penjualan?
1.3 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis memberikan batasan-batasan masalah, guna mencapai hasil analisis dan kesimpulan yang relevan.
Adapun batasan masalah pada penulisan ini adalah :
a). IM3 .
b). Konsumen muda (remaja).
Masalah yang akan dibahas berdasarkan pengamatan, serta survey yang dilakukan melalui wawancara kepada penjual dan sepuluh konsumen remaja pengguna IM3.
1.4 Tujuan Penulisan.
a). Untuk mengetahui faktor utama mengapa IM3 diberikan image sebagai "Kartunya Anak Muda"
b). Untuk mengetahui faktor pendukung lain yang berpengaruh sehingga IM3 diminati remaja.
c). Untuk mengetahui pengaruh / dampak yang didapatkan dari image tersebut terhadap penjualan.
1.5 Sistematika Penulisan
Penulisan ini terdiri dari 5 BAB, dimana :
a. BAB I
BAB I berisikan Latar Belakang Masalah, Tujuan , Batasan Masalah, Identifikasi Masalah, Sistematika Penulisan dan Kerangka Pemikiran
b. BAB II
BAB II merupakan Landasan Teori. Berisi Teori-teori yang mendukung atau sesuai dengan tema yang diangkat dalam penulisan ini.
c. BAB III
BAB III merupakan Metodologi.
d. BAB IV
BAB IV merupakan Pembahasan.
d. BAB V
BAB V merupakan Simpulan dan Saran . berisi tentang simpulan yang diambil dari pembahasan dan juga teori-teori yang mendukug serta saran.
e. Daftar Pustaka.
1.6 Kerangka Pemikiran
Didasarkan pada pemikiran berupa :
a. Arti Komunikasi
Komunikasi Menurut ( Roben.J.), Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan.
Menurut (Berelson dan Stainer, 1964), Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
b. Tujuan Komunikasi
Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2. Mempengaruhi perilaku seseorang
3. Mencapai sebuah tujuan
4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
5. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain
c. Produk dan Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam memilih produk.
Produk merupakan hasil kegiatan produksi yang digunakan
untuk memenuhi kebutuhan sarta untuk mencapai kepuasaan konsumen.
Menurut Stanton, (1996:222), suatu produk adalah kumpulan dari atribut-atribut
yang nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna,
harga, kualitas dan merk ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya.
Dilutip dari : www.google.com dan http://theniesland.blogspot.com/2010/11/pengaruh-image-harga-dan-lingkungan.html
Adjie Putra - 3EA10 - Ekonomi Manajemen
1.1 Latar Belakang Masalah
Kebutuhan akan komunikasi kini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, disamping kebutuhan akan sandang , pangan dan papan. Sebagaimana dijelaskan oleh Shannon & Weaver, 1949, bahwa “komunikasi merupakan bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh dan mempengaruhi satu sama lain secara sengaja atau tidak sengaja”. Komunikasi dibutuhkan untuk mendapatkan berbagai informasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan alat komunikasi beralih, dari surat, telepon, hingga menjamurnya berbagai merk telepon seluler atau yang biasa kita menyebutnya dengan Hp.
Dengan Banyak digunakannya handphone (Hp), menuntut masyarakat untuk menyisihkan sebagian uang mereka untuk sekedar membeli pulsa. Berbagai macam provider pun bermunculan, seperti Indosat, Telkomsel, Excelcomindo, Axis, 3 dan lainnya.
Mereka menawarkan produknya semenarik mungkin untuk meraih pasar dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar , hingga karyawan. Berbagai macam kelebihan juga dihadirkan oleh para provider.Sebagaimana yang dikatakan oleh Kotler,menurut Kotler (2002) dalam meningkatkan persaingan masing-masing perusahaan harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah-ubah.
Dari sekian banyak provider, ada satu yang bisa dibilang sukses, menarik perhatian dan mampu bersaing, provider tersebut adalah Indosat, dimana salah satu produknya "IM3" , terbilang fenomenal. Dikatakan fenomenal, karena image IM3 yang mampu bertahan sebagai " Kartunya Anak Muda".
Selain karena faktor harga yang terjangkau, ada juga fektor lain seperti pengaruh lingkungan ( teman dan keluarga) , kepercayaan serta kenyamanan yang menjadikan IM3 tetap di hati remaja.
Oleh karena itu, dalam penulisan ini , penulis akan mengambil judul " Pengaruh Image, Harga dan Lingkungan ( Teman dan Keluarga) Terhadap Keputusan Konsumen Muda Memilih IM3"
1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah dalam penulisan " Pengaruh Image, Harga dan Lingkungan ( Teman dan Keluarga) Terhadap Keputusan Konsumen Muda Memilih IM3", ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan, antara lain :
a). Apa faktor utama sehingga IM3 dapat diterima dengan baik, khususnya dikalangan remaja?
b). Adakah faktor pendukung lain yang berpengaruh?
c). Adakah pengaruh image terhadap penjualan?
1.3 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis memberikan batasan-batasan masalah, guna mencapai hasil analisis dan kesimpulan yang relevan.
Adapun batasan masalah pada penulisan ini adalah :
a). IM3 .
b). Konsumen muda (remaja).
Masalah yang akan dibahas berdasarkan pengamatan, serta survey yang dilakukan melalui wawancara kepada penjual dan sepuluh konsumen remaja pengguna IM3.
1.4 Tujuan Penulisan.
a). Untuk mengetahui faktor utama mengapa IM3 diberikan image sebagai "Kartunya Anak Muda"
b). Untuk mengetahui faktor pendukung lain yang berpengaruh sehingga IM3 diminati remaja.
c). Untuk mengetahui pengaruh / dampak yang didapatkan dari image tersebut terhadap penjualan.
1.5 Sistematika Penulisan
Penulisan ini terdiri dari 5 BAB, dimana :
a. BAB I
BAB I berisikan Latar Belakang Masalah, Tujuan , Batasan Masalah, Identifikasi Masalah, Sistematika Penulisan dan Kerangka Pemikiran
b. BAB II
BAB II merupakan Landasan Teori. Berisi Teori-teori yang mendukung atau sesuai dengan tema yang diangkat dalam penulisan ini.
c. BAB III
BAB III merupakan Metodologi.
d. BAB IV
BAB IV merupakan Pembahasan.
d. BAB V
BAB V merupakan Simpulan dan Saran . berisi tentang simpulan yang diambil dari pembahasan dan juga teori-teori yang mendukug serta saran.
e. Daftar Pustaka.
1.6 Kerangka Pemikiran
Didasarkan pada pemikiran berupa :
a. Arti Komunikasi
Komunikasi Menurut ( Roben.J.), Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan.
Menurut (Berelson dan Stainer, 1964), Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
b. Tujuan Komunikasi
Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2. Mempengaruhi perilaku seseorang
3. Mencapai sebuah tujuan
4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
5. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain
c. Produk dan Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam memilih produk.
Produk merupakan hasil kegiatan produksi yang digunakan
untuk memenuhi kebutuhan sarta untuk mencapai kepuasaan konsumen.
Menurut Stanton, (1996:222), suatu produk adalah kumpulan dari atribut-atribut
yang nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna,
harga, kualitas dan merk ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya.
Dilutip dari : www.google.com dan http://theniesland.blogspot.com/2010/11/pengaruh-image-harga-dan-lingkungan.html
Adjie Putra - 3EA10 - Ekonomi Manajemen