Thursday 17 November 2011

METODE RISET BAB 3 - METODOLOGI PENELITIAN

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


A. Tempat dan Waktu Penelitian
1.      Tempat Penelitian
2.      Waktu Penelitian
B. Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, menurut ( Arikunto, 2003 : 309) yaitu untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala, penelitian secara langsung dan mengadakan penelitian dilapangan. Adapun teknik pengambilan datanya adalah :
1.   Penelitian Lapangan (Field Research)
Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek yang diteliti guna memperoleh data yang diperlukan. Adapun teknik pengambilan datanya adala :
a.       Teknik Wawancara
Yaitu pengumpulan data dengan cara Tanya jawab langsung kepada pihak yang bersangkutan guna mendapatkan data dan keterangan yang berlandaskan pada tujuan penelitian.
b.      Teknik Observasi
Yaitu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara langsung terhadap obyek penelitian yaitu pada PT. COLUMBIA cabang Depok, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teori yang ada dalam hiteratur terhadap kejadian yang sebenarnya.


C. Populasi dan Sampel
1.      Pengertian Populasi
Menurut Suharsimi Arikunto, (2002 :109) “Populasi adalah jumlah keseluruhan dari suatu gejala yang mempunyai karakteristik yang sama”. Adapun populasi yang dijadikan bahan penelitian ini adalah pelanggan atau konsumen PT. COLUMBIA cabang Depok.
1.      Pengertian Sampel
Menurut Suharsimi Arikunto, (2002 : 108), “Sampel adalah sebagian dari jumlah karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut”.
Adapun sampel dan populasi itu saling berhubungan , sampel adalah sebagian dari populasi yang menjadi sumber data yang sebenarnya dalam suatu penelitian. Dengan kata lain sampel adalah bagian dari populasi, untuk mewakili populasi dalam arti sampel harus bersifat representatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan dan konsumen PT. COLUMBIA cabang Depok, serta masyarakat sekitarnya dengan jumlah keseluruhan sebanyak 50 responden.
Pemilihan sampel ini bardasarkan sampel bertujuan (purpose sample), dengan berasumsi bahwa pelanggan dan konsumen PT. COLUMBIA cabang Depok untuk dapat menilai terhadap sistem kredit yang diterapkan oleh PT. COLUMBIA cabang Depok.
Penulis akan memberikan daftar pertanyaan dan mewawancarai masyarakat sebagai sampel penelitian guna mendapatkan informasi dan data-data mengenai penilaian konsumen terhadap sistem penjuan kredit PT. COLUMBIA cabang Depok yang hasilnya akan penulis deskripsikan.
D. Metode Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah sebagai berikut:
1.      Penelitian Lapangan (Field Research)
a.       Wawancara, yaitu untuk memperoleh data ini penulis melakukan wawancara langsung dengan personel yang mengerti tentang permasalahan kredit
b.      Kuisioner, dalam hal ini penulis memberkan daftar pertanyaan kepada masyarakat dan konsumen yang berisi tentang permasalahan-permasalahan yang ada hubungannya dengan masalah penulis, yang mana dalam kuisioner ini penulis membuat daftar pertanyaan yang lebih terarah kepada pokok bahasan.
2.      Observasi
Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan secara langsung pada PT. COLUMBIA cabang Depok untuk mengetahui bagaimana penerapan teori yang ada dalam hiterature terhadap kejadian sebenarnya.
3.      Penelitian Kepustakaan (Library research)
Yaitu mempelajari buku-buku dan media massa untuk mendapatkan teori-teori yang berhubungan dengan penjualan dan kredit.

E. Instrumen Penelitian
Untuk mendapatkan data-data dari penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa daftar pertanyaan yang nantinya akan diisi dan dijawab oleh responden.Dari langkah-langkah penelitian tersebut lalu diuraikan secara sistematis yaitu sebagai berikut :
1.      Mempersiapkan instrument penelitiuan, dimana instrument ini dipersiapkan sesuai demgan kebutuhan yang ada.
2.      Instrumen yang telah disusun tersebut kemudian dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, sehingga mendapatkan persetujuan untuk diperbanyak dan disebarkan ke lapangan penelitian.
3.      Setelah mendapatkan persetujuan, instrument tersebut kemudian diperbanyak sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditentukan sebelumnya, kemudian penulis terjun ke lapangan untuk mendapatkan data dan untuk mengetahui respon atau tanggapan dari konsumen dan masyarakat.
4.      Jumlah sample dan populasi dalam penulisan skripsi ini adalah terbatas, yaitu 50 responden.
Demikianlah langkah-langkah singkat yang ditenpuh penulis, dan dari data tersebut kemudian ditabulasikan dan ditafsir.

F. Teknik Analisis Data
Adapun tekinik pengumpulan data dari penelitian yang dijalankan dilakukan melalui Kuesioner/ Angket.
Setelah data terkumpul maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data dengan menggunakan metode Statistik Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data tersebut akan disajikan dalam bentuk uraian dan tabel.Data yang terkumpul kemudian ditabulasikan atau disusun ke dalam bentuk tabel.  
Adjie Putra - 3EA10 Ekonomi Manajemen