Thursday 17 November 2011

METODE RISET BAB 1 - PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Menurunnya  tingkat perekonomian di Indonesia belakangan ini merupakan dampak dari berbagai masalah, baik masalah internal maupun external. Adapun masalah internal yang dialami adalah akibat dari berbagai bencana alam yang menimpa Indonesia dan menyebabkan kerugian yang cukup banyak, sehingga berdampak pada melemahnya perekonomian Indonesia. Selain itu adanya ulah oknum yang tidak bertanggungjawab yang dengan sengaja menyalahg gunakan keuangan Negara untuk kepentingan pribadi maupun untuk hal-hal yang tidak begitu berguna bagi Negara. Selain masalah internal ada pula masalah external, yaitu adanya krisis global yang melanda Negara-negara maju seperti Amerika dan sebagian Negara-negara Eropa bahkan cina juga terkena dampaknya. Krisis global ini secara tidak langsung berpengaruh juga terhadap perekonomian Indonesia.
Meskipun perekonomian Indonesia sedang terpuruk, sebagai dampak dari masalah-masalah diatas. Ada sekelompok golongan usaha kecil menengah yang justru terus berkembang untuk meningkatkan usahanya dan memperluas jaringan keseluruh wilayah dengan mendirikan cabang-cabang kecil di desa-desa. Hal ini menyebabkan perekonomian Indonesia sedikit demi sedikit kembali normal. Usaha-usaha kecil ini semakin lama berkembang seiring dengan banyaknya usaha kecil lainnya yang muncul dan menyebabkan timbulnya persaingan dalam usaha. Hal ini sangat mengembirakan karena sejalan dengan cita-cita untuk membangun ekonomi kerakyatan.
Ditengah-tengah perkembangan ekonomi banyak perusahaan-perusahaan  memberikan kredit kepada masyarakat atau konsumen, serta pengusaha berlomba-lomba menguasai konsumen sebagai bentuk kepedulian mereka kepada masyarakat. Sekarang ini banyak perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan konsumen agar membeli produk yang dihasilkan. Perusahaan yang tidak mencapai sasaranya banyak disebabkan oleh kurang tepatnya strategi pemasaran dan penjualan  yang digunakanya.
Berhasil atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan untuk dapat bersaing dalam merebut konsumen dalam penerapan strategi penjualan dan pemasaran yang efektif. Apabila sistem penjualan tidak dapat dilaksanakan dengan baik, maka pelaksanaan yang baik pun tidak memberikan hasil yang memuaskan seperti yang  diharapkan.
Penentuan sistem kredit ini sangat erat hubunganya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan serta sangat menentukan dalam pemilihan taktik yang digunakan untuk melaksanakan strategi pemasaran dan penjualan tersebut agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
Secara umum tujuan dari perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum, sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Pernerapan sistem kredit dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan. Sebab dalam penerapannya, posisi perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh berhasil atau tidaknya sistem pemasaran dan penjualan  yang digunakan. Hal ini juga merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Perusahaan yang bermutu tinggi dengan harga yang sama dengan pesaingnya tidak diragukan lagi untuk mengalahkan pesaingnya yang kurang berorientasi pada pelayanan. Bila perusahaan jasa tersebut mengalami perubahaan di bidang harga maka secara langsung perusahaan tersebut memberitahukan perubahaan itu kepada klien-klienya.
Berdasarkan hal tersebut diatas, maka penulis ingin mengetahui lebih lanjut sejauh mana strategi pemasaran serta sistem  penjualan kredit dalam meningkatkan dan memajukan usaha khusunya pada PT.COLUMBIA yang akan dibahas dalam bentuk penulisan karya ilmiah dengan judul :
“Pengaruh Pengawasan Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. COLUMBIA Cibubur”.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:
1.      Strategi apa yang digunakan PT. COLUMBIA
2.      Seberapa besar pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan PT. COLUMBIA
3.      Adakah hubungan antara strategi pemasaran dan peningkatan penjualan
4.      Eratkah hubungan antara strategi pemasaran dengan penigkatan penjualan
5.      Berapa besar peningkatan penjualan PT. COLUMBIA
6.      Penjualan apa yang dilakukan oleh PT. COLUMBIA
7.      Bagaiman pengaruh strategi pemasaran terhadap penigkatan penjualan PT. COLUMBIA
8.      Apakah penjualan PT. COLUMBIA meningkat
9.      Bagaimana penigkatan penjualan PT. COLUMBIA
Demikianlah penulis menetapkan perumusan masalah dalam karya ilimiah ini dengan tujuan agar dalam usaha pemecahannya nanti dapat lebih jelas dan singkat. 
C.     Pembatasan Masalah
Dari berbagai permasalahan yang telah di identifikasi di atas, maka permasalahan dibatasi pada “strategi pemasaran dan peningkatan penjualan PT. COLUMBIA”.
D.    Perumusan Masalah
Setelah mengemukakan identifikasi masalah, dan dapat dirumuskan masalahnya, maka akan dapat memudahkan dalam penelitian ini.  Rumusan masalah tersebut adalah :
1.      Bagaimanakah strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. COLUMBIA Cibubur?
2.      Adakah hubungan antara strategi pemasaran dengan peningkatan penjualan PT. COLUMBIA Cibubur?

E.   Tujuan dan Kegunaan Penulisan
1.   Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian karya ilmiah ini adalah untuk mengumpulkan data-data sebagai bahan penulisan ilmiah, yaitu :
a.       Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan PT. COLUMBIA.
b.      Untuk mengetahui peningkatan penjualan kredit PT. COLUMBIA.
c.       Untuk mengetahui tingkat keberhasilan strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan yang diterapkan oleh PT. COLUMBIA.
2.   Kegunaan Penelitian
Kegunaan dari penelitian ini adalah :
a.       Bagi Peneliti
Mengharapkan agar menambah wawasan berfikir dan pengetahuan tentang strategi pemasaran terutama tentang “strategi pemasaran PT. COLUMBIA”.
b.      Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi PT. COLUMBIA dalam mengambil strategi pemasaran.
c.       Bagi Pembaca
Diharapkan agar dapat menambah wawasan bagi pembaca dan bisa dijadikan referensi.
F.   Sistematika Penulisan
BAB I       PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis membahas mengenai  pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah,  rumusan  masalah, pembatasan  masalah, tujuan penulisan, tujuan dan kegunaan penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II      LANDASAN TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR      
Pada bab ini penulis membahas  mengenai landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka berfikir.
BAB III    METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini penulis membahas mengenai tempat dan waktu penelitian, variable penelitian, populasi dan sample, metode pengumpulan data, instrument penelitian, dan teknis analisis data.
BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis membahas mengenai karakteristik responden, deskripsi data, analisis persyaratan data, pengujian hipotesis penelitian, pembahasan atau interpretasi hasil penelitian
BAB V      PENUTUP
Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang kesimpulan dan saran sehubungan dengan hasil pembahasan masalah yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.
Adjie Putra - 3EA10 Ekonomi Manajemen