1. Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Kekuatan tombol Share memang benar-benar ajaib, hanya cukup dengan sekali klik saja, Anda bisa mengirimkan promo-promo Anda ke semua orang yang terhubung dengan jaringan Anda. Ini artinya Anda menjadi satu langkah lebih dekat dengan para calon konsumen. Selain itu juga ada fitur Like This. Fitur ini baik yang ada di Facebook ataupun di website-website yang terhubung dengan Facebook Connect akan memudahkan produk Anda dilirik. Setiap ‘acungan jempol’ yang diberikan pada satu produk, akan meningkatkan kepopuleran produk itu sendiri.
Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda.
2. Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga.
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual.
3. Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja.
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.
5. User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.
Dikutip dari www.google.com
Selengkapnya dapat dilihat di : http://blog.fastncheap.com/13-trik-mujarab-jualan-online-agar-laris-manis/#more-6658
Adjie Putra H - 3EA10 Ekonomi Manajemen