Monday 3 October 2011




Judul, Nama Pengarang, Tahun


Dampak Teknologi Informasi pada sektor Ekonomi Perusahaan (Wildan, Tahun 2009)



Tema


Kehadiran Teknologi Di Masyarakat





Latar Belakang Masalah


a. Fenomena

Kehadiran globalisasi membawa pengaruh bagi kehidupan suatu bangsa. Pengaruh globalisasi dirasakan di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain yang akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme bangsa. Secara umum globalisasi dapat dikatakan suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Menurut Edison A. Jamli (Edison A. Jamli dkk, Kewarganegaraan, 2005), globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. Dengan kata lain proses globalisasi akan berdampak melampaui batas-batas kebangsaan dan kenegaraan.

Sebagai sebuah proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi, dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan dimensi waktu. Dimensi ruang yang dapat diartikan jarak semakin dekat atau dipersempit sedangkan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan pesatnya laju perkembangan teknologi yang semakin canggih khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Kecepatan arus informasi yang dengan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerapnya dengan filter mental dan sikap kritis. Makin canggih dukungan teknologi tersebut, makin besar pula arus informasi dapat dialirkan dengan jangkauan dan dampak global. Oleh karena itu selama ini dikenal asas “kebebasan arus informasi” berupa proses dua arah yang cukup berimbang yang dapat saling memberikan pengaruh satu sama lain.



b. Penelitian




Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat.


Komputer digunakan secara meluas dalam berbagai aktivitas di kehidupan manusia seperti :

1. Perbankan

2. Perniagaan / Perdagangan

3. Industri

4. Transportasi

5. Obat-obatan / Rumah Sakit

6. Pendidikan

7. Seni

8. Penelitian

9. Rekreasi

10. Pertahanan dan Keamanan

11. Komunikasi



c. Motivasi Penelitian


Untuk mengetahui Solusi dalam menangani dampak negatif dan positif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap aktivitas masyarakat seperti bidang perbankan, perdagangan dan lainnya.





Masalah


Dampak positif dan negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap aktivitas masyarakat di berbagai bidang/sektor kehidupan



Tujuan Penelitian


ü Untuk meningkatkan daya nalar dan daya seleksi masyarakat terhadap berbagai informasi yang terus menerus merayapi kehidupan masyarakat

ü Untuk mengenalkan teknologi informasi sekaligus pemanfaatannya bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.