Monday 3 October 2011

ANALISIS JURNAL 2 - Metode Riset





Judul, Nama Pengarang, Tahun


Dampak Teknologi terhadap Kehidupan Manusia (Kecebong, Tahun 2008)





Tema


Kehadiran Teknologi Di Masyarakat





Latar Belakang Masalah




a. Fenomena


Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.

Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.

Secara singkat, kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.



b. Penelitian


Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Salah satu tanda-tandanya menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.



c. Motivasi Penelitian


Untuk mengetahui dampak dari pemanfaatan teknologi terhadap kehidupan masyarakat Sejauh apa dampak teknologi mempengaruhi beberapa sektor kehidupan bermasyarakat



Masalah


ü Apakah dampak dari teknologi terhadap kehidupan manusia?

ü Bagaimana tanggapan masyarkat terhadap teknologi yang diterima?







Tujuan Penelitian


û Untuk mengetahui apa saja dampak dari teknologi terhadap kehidupan manusia.





Metodelogi




Data-Data (Sampel)